Rabu, 18 Maret 2015

Mie Ayam dan Mie Pangsit. Berbedakah?

Pernahkah Anda mengunjungi warung yang menjual mie pangsit namun saat disajikan, Anda merasa melihat hidangan mie ayam di meja Anda? Lalu, apakah Anda mengetahui perbedaan mie ayam dan mie pangsit? Jika Anda lebih peka dengan rasa, maka Anda pasti dapat dengan mudah membedakannya. Namun jika Anda bukanlah orang seperti itu, cobalah bedakan dari tampilannya. Bila Anda penasaran dengan hal tersebut, menyimak informasi berikut ini akan membantu Anda membedakan mie ayam dan mie pangsit serta menjawab pertanyaan Anda.


Perbedaan pertama pada mie ayam dan mie pangsit terletak pada rasanya. Mie ayam cenderung lebih terasa manis, sementara mie pangsit didominasi oleh rasa asin. Jika Anda mengunjungi warung mie pangsit dan menemukan rasa manis pada hidangan mie pangsit Anda, maka dipastikan itu bukanlah mie pangsit. Perbedaan lainnya adalah pada kuahnya. Pada mie ayam, kuah lebih gelap dengan rasa yang pekat dan kuat, Anda dapat merasakan rasa kemiri di dalamnya. Sebaliknya, kuah pada mie pangsit lebih bening.

Bila Anda kesulitan membedakan rasanya, cobalah membedakan tampilannya. Mie ayam disajikan dengan potongan-potongan ayam dan kuah ayam serta dibuat dengan menambahkan minyak ayam. Sedangkan pada mie pangsit, tidak terdapat potongan-potongan ayam tetapi disertai dengan pangsit basah atau pangsit kering.

Bahan pelengkap lain yang dapat membantu Anda membedakan mie ayam dan mie pangsit adalah pada sayuran yang digunakan. Pada mie ayam digunakan sawi/caisin. Bila menggunakan sayur lain, rasa mie ayam akan berubah dan merusak rasa ayam pada mie ayam. Pada mie pangsit, sayur yang digunakan adalah selada. Selada bukanlah jenis sayuran yang akan menyerap air sehingga tidak akan mengubah rasa pada mie pangsit. Jika menggunakan sayur sawi yang lebih mudah menyerap air, maka kuah pada mie pangsit akan terasa lebih asin karena berkurangnya kadar air.

Mie pada mie ayam dan mie pangsit pun berbeda dalam pengolahan dan penyajiannya. Meskipun sama-sama menggunakan mie berbahan dasar tepung terigu, mie pada mie ayam lebih keras dibandingkan pada mie pangsit, disajikan setengah matang dan tidak lembek. Sebaliknya, mie pada mie pangsit lebih lembek dan agak lengket.

Perbedaan-perbedaan tersebut dapat membantu Anda membedakan mie ayam dan mie pangsit. Jadi apabila setelah ini Anda menemukan penyajian yang tidak sesuai harapan, Anda dapat mengenalinya.

3 komentar: