Kamis, 09 April 2015

4 Penyebab Kegagalan dalam Membuat Pastry!

Membuat pastry yang sempurna terkadang bagi sebagian orang masih mengalami kesulitan, meskipun membaca resep dengan seksama. Seperti yang kita ketahui, kegiatan memasak memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bahkan untuk koki yang profesional pun terkadang masih melakukan kesalahan yang membuat masakannya kurang memuaskan. Terlebih untuk membuat kudapan manis dari bahan tepung, sebab tidak sekedar takaran saja yang pas perlakuan pun juga wajib tepat.



Khusus untuk membuat masakan jenis patiseri ada beberapa hasil yang kurang pas, berikut penyebabnya:

1. Hasilnya terlalu keras, disebabkan oleh adonan kekurangan lemak, mentega, bisa juga kurang air dan kebanyakan menuangkan tepung.
2. Terlalu empuk, disebabkan oleh takaran bahan kurang pas atau memilih jenis tepung dengan kandungan protein yang salah.
3. Adonan menyusut, hal ini terjadi akibat saat proses digiling adonan terlalu banyak ditarik.
4. Hasilnya usai dipanggang lembab, bisa diakibatkan adonan kemasukan gula atau air.

Pentingnya takaran, serta ketepatan waktu pengadukan dan proses mendiamkan agar mengembang memang menjadi penyebab kegagalan pembuatan sebuah kue. Ketika anda baru pada tahap coba-coba sebaiknya membuat adonan dalam jumlah yang kecil dahulu. Praktek memasak di dapur agar menghasilkan olahan yang baik diperlukan pengalaman. Sering bereksperimen akan membantu mendapatkan hasil masakan yang sempurna, baik bentuk hingga rasa. Terus belajar agar sajian pastry yang hendak dibuat semakin lama semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar